-->

Pengertian dan Fungsinya Client Server

alt txt


Dalam dunia teknologi informasi, model client-server adalah salah satu cara untuk mendistribusikan data. Dengan menggabungkan dua komponen yang berbeda, yaitu server dan client, sistem ini memiliki banyak manfaat bagi jaringan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian dan fungsi dari model klien-server agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat saat memilih solusi jaringan mana yang akan digunakan.

Apa yang dimaksud dengan Client Server?

Client server adalah suatu sistem yang menggunakan komputer untuk melayani permintaan dari klien. Dalam sistem ini, sebuah perangkat lunak diinstal pada sebuah komputer server dan perangkat lunak lainnya diinstal pada beberapa komputer client. Komunikasi antara server dan client biasanya dilakukan menggunakan protokol standar yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).

Client server sangat umum digunakan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, pendidikan, rumah tangga, dan organisasi lainnya. Sistem client server memiliki beberapa keuntungan, seperti kemampuan untuk mengakses data secara remote, fleksibilitas dalam penyimpanan data, dan manajemen resource yang lebih baik.

Bagaimana fungsi dan kegunaan Client Server?

Client-server adalah model komunikasi dimana suatu perangkat keras atau perangkat lunak (client) mengakses suatu data dari perangkat lain (server) yang menyimpan data tersebut. Biasanya, client berfungsi untuk menampilkan data ke pengguna sedangkan server berfungsi untuk menyediakan dan mengatur data.

Dalam model ini, client dan server dapat berada pada perangkat yang sama atau perangkat yang berbeda. Jika client dan server berada pada perangkat yang sama, maka model ini disebut dengan ‘local client-server’. Sedangkan jika client dan server berada pada perangkat yang berbeda, maka model ini disebut dengan ‘remote client-server’.

Bagi Anda yang ingin memulai praktek IT, apa adanya kebutuhan Computer server atau server sudah cukup?

Dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi, banyak organisasi dan perusahaan menemukan kebutuhan untuk menginstal server komputer. Server komputer dapat memberikan fungsionalitas lebih dari sekedar menyimpan data dan program. Hal ini juga dapat membantu untuk menjalankan situs web, email, dan aplikasi yang mendukung bisnis. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memulai praktek IT, ada kebutuhan Computer server atau server sudah cukup.

Namun, Anda harus mempertimbangkan jenis server yang diperlukan. Beberapa konfigurasi yang umum adalah server yang menjalankan aplikasi atau sistem operasi Windows, Linux atau Mac OS X. Juga penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki kapasitas storage yang cukup dan keandalan. Pada akhirnya, pilihan server Anda harus disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda.

ViewClosedComments